Ini Cara Blokir ATM BRI Yang Hilang Atau Tertelan

cara blokir atm bank bri

Apakah Anda masih bingung bagaimana cara blokir ATM BRI? Tepat sekali, Anda harus segera memblokir kartu ATM BRI Anda jika hilang atau tertelan mesin ATM. Jangan panik karena ada cara memblokir rekening BRI agar kartu ATM Anda tetap aman.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memblokir kartu ATM BRI. Bahkan ada cara memblokir ATM BRI tanpa ke Bank, seperti menghubungi call center BRI langsung, lewat internet banking, sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama.

Syarat Mengurus Blokir Kartu ATM BRI

Sebelum melakukan cara memblokir atm yang hilang, ada beberapa syarat yang perlu Anda siapkan saat kartu ATM BRI Anda hilang, seperti berikut ini:

  1. Kartu identitas yang bisa berupa KTP, SIM, atau Paspor
  2. Buku tabungan BRI asli
  3. Surat kehilang dari kepolisian, boleh dari polsek atau polres terdekat
  4. Biaya Rp 10.000,- untuk membayar penggantian kartu ATM yang hilang tersebut. Anda tidak harus membawa uang cash karena bisa dipotong langsung dari saldo tabungan BRI Anda

Nah, setelah persyaratan di atas sudah lengkap, maka Anda sudah bisa mengurus dengan beberapa cara memblokir rekening BRI berikut ini:

Cara Blokir ATM BRI Lewat Call Center

Hal pertama yang harus Anda lakukan jika kartu ATM BRI hilang atau tertelan adalah menghubungi Call Center BRI secara langsung di nomor 14017 atau (021) 1500017. Sebelum menghubungi Call Center BRI, perlu dipastikan Anda memiliki pulsa yang cukup.

Hal ini karena saat Anda menghubungi Call Center BRI untuk memblokir ATM butuh waktu dan pulsa. Selain itu perlu disiapkan data terkait rekening BRI Anda karena pihak BRI akan mengajukan beberapa pertanyaan terkait identitas dan kartu ATM BRI Anda.

Anda bisa blokir ATM BRI lewat Call Center tanpa perlu datang ke bank atau kantor cabang BRI. Jadi cara blokir ATM BRI ini bisa dilakukan segera saat kartu ATM BRI Anda hilang atau tertelan.

Cara Blokir Kartu ATM BRI Lewat Aplikasi BRI Mobile

Cara memblokir atm yang hilang berikutnya adalah menggunakan aplikasi BRI Mobile. Jika Anda menggunakan aplikasi BRI Mobile tentu akan semakin mudah karena bisa langsung memblokir kartu ATM dari aplikasi ini, seperti tutorial berikut ini:

  1. Buka aplikasi BRI Mobile yang sudah terunduh di perangkat Anda
  2. Login masuk menggunakan user dan password Anda
  3. Klik menu Pelayanan Nasabah
  4. Lalu klik submenu Enable/Disable kartu
  5. Kemudian masukan PIN BRI Mobile Anda
  6. Maka sistem akan mengirim SMS secara otomatis sebagai pemberitahuan bahwa kartu ATM BRI Anda sudah diblokir atau disable

Cara Blokir Kartu ATM BRI Lewat Internet Banking BRI

Selain lewat aplikasi BRI Mobile, Anda juga bisa melakukan cara blokir ATM BRI lewat internet banking, seperti cara berikut ini:

  1. Kunjungi situs internet banking BRI di https://ib.bri.co.id
  2. Login dengan user, password, dan nomor validasi
  3. Lalu pilih Layanan Nasabah, kemudian klik menu Disable dan Enable
  4. Selanjutnya masukan password internet banking BRI Anda dan klik OK
  5. Maka kartu ATM BRI sudah berhasil diblokir

Cara Blokir Kartu ATM BRI Di Kantor Cabang

Selain cara memblokir ATM BRI tanpa ke Bank seperti di atas, Anda juga bisa datang langsung ke kantor cabang untuk memblokir kartu ATM BRI, dengan langkah berikut ini:

  1. Siapkan persyaratan seperti yang disebutkan di atas
  2. Ambil nomor antrian
  3. Setelah dipanggil, sampaikan kepada customer service bahwa Anda ingin memblokir kartu ATM untuk sementara
  4. Maka customer service akan membantu dan Anda bisa mendapat kartu ATM yang baru

Nah, itulah cara blokir ATM BRI yang bisa Anda lakukan jika kartu ATM BRI hilang atau tertelan. Segeralah melakukan blokir jika mengalami masalah demikian agar hal yang tidak diinginkan terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.