3 Cara Cek BPJS Kesehatan yang Praktis Melalui Hp

cara cek BPJS Kesehatan

Seiring berkembangnya teknologi, BPJS Kesehatan telah menyediakan layanan online untuk para pesertanya sehingga lebih praktis dan efisien untuk mendapatkan layanannya. Ada berbagai layanan yang bisa diketahui salah satunya cara cek BPJS Kesehatan. 

Aplikasi cek BPJS Kesehatan dinamakan dengan JKN-KIS. Melalui JKN mobile, Anda bisa melihat informasi yang berkaitan dengan status kepesertaan sebagai pengguna BPJS. Selanjutnya, bisa juga melalui layanan online lainnya yang akan dijelaskan dalam artikel Horu ini. 

Cara Cek BPJS Kesehatan di Hp 

Cek status aktif bisa dilihat melalui online maupun offline atau langsung mendatangi kantor BPJS. 

Namun, di artikel ini hanya akan dijelaskan secara online karena lebih mudah dan praktis. Dari cara tersebut, ada langkah-langkah yang perlu diketahui agar cara cek BPJS Kesehatan tidak mengalami kendala. Berikut tips mudah pengecekan status BPJS dari Horu

1. Melalui Mobile JKN 

Cara pertama ini adalah cara paling praktis karena tidak perlu membuang waktu dan tenaga untuk pergi ke kantor BPJS. Anda bisa menggunakan aplikasi bernama JKN-KIS yang merupakan aplikasi resmi dari BPJS. 

Dengan adanya aplikasi ini, informasi kesehatan lebih transparan, efektif, dan efisien. Apalagi di masa pandemi saat ini, pemanfaatan JKN-KIS mengalami peningkatan. 

Berdasarkan situs resmi BPJS, untuk mengecek BPJS Kesehatan melalui JKN-KIS Anda perlu mendownload aplikasinya terlebih dahulu. Selanjutnya, ikuti tutorial berikut: 

  1. Buka aplikasi Mobile JKN, lalu cek BPJS kesehatan dengan NIK/nomor kartu yang diinput ke dalam kolom yang disediakan. 
  2. Masukkan pula kata sandinya. 
  3. Selanjutnya masuk captcha untuk menunjukkan Anda bukan robot, lalu klik login. 
  4. Klik menu peserta. 
  5. Disana, akan muncul informasi data diri Anda beserta status keaktifan BPJS. 
  6. Selain itu, Anda akan mendapatkan informasi lengkap lainnya berkenaan dengan kepesertaan dan layanan yang bisa Anda dapatkan melalui Mobile JKN. 

2. Melalui Layanan CHIKA 

Jika Anda tidak punya aplikasinya dan juga tidak ingin pergi ke kantor BPJS, maka Anda bisa memanfaatkan layanan CHIKA (Chat Assistant JKN). 

Ini merupakan layanan bot chat yang bisa diakses melalui media sosial sehingga tidak perlu untuk mendownload aplikasi apapun. Adapun cara cek BPJS aktif atau tidak tanpa aplikasi melalui CHIKA adalah sebagai berikut: 

  1. Pilih salah satu media sosial untuk chat CHIKA. Jika Facebook Messenger: facebook/BPJSKesehatanRI, Telegram: @Chika_BPJSKesehatan_bot, WA: 08118750400.
  2. Selanjutnya, pilih cek status peserta dan masukkan NIK/nomor peserta. 
  3. Masukkan tanggal lahir Anda dan tunggu informasi dari CHIKA. 
  4. Nantinya, CHIKA akan memberitahukan status BPJS Anda. 

3. Cek Status BPJS Melalui Care Center 

Selain layanan aplikasi dan chat, ada juga layanan telepon BPJS Kesehatan untuk menanyakan berbagai informasi termasuk cek status Anda. Adapun nomor Care Center tersebut adalah 165. 

Layanan ini dapat diakses 24 jam nonstop serta bisa melalui telepon rumah atau Hp. Adapun langkah-langkah cara cek BPJS Kesehatan melalui Care Center adalah sebagai berikut: 

  1. Hubungi Care Center di nomor 165. 
  2. Tekan 1 untuk memilih jenis layanan. 
  3. Pilih layanan untuk status peserta BPJS. 
  4. Masukkan NIK/Nomor peserta. 
  5. Masukkan tanggal lahir. 
  6. Secara otomatis, suara interaktif JKN (VIKA) akan menyampaikan informasi tentang status Anda di BPJS apakah masih aktif atau tidak. 

Itulah cara cek BPJS Kesehatan secara online yang bisa diterapkan dengan mudah bahkan untuk yang baru pertama kali mengetahuinya. Selain itu, Anda juga bisa datang langsung ke kantor BPJS terdekat dan menanyakannya di bagian informasi. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.