Cara Cek BPOM Online untuk Berbagai Produk

cara cek BPOM

BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan adalah badan yang menerbitkan perijinan dari produk  baik berupa makanan, kosmetik, hingga obat-obatan.

Jika produk sudah ada BPOM-nya, maka produk tersebut aman dipakai. Lalu, bagaimana cara cek BPOM? 

Jika Anda membeli produk yang berasal dari luar negeri atau produk Indonesia yang diragukan keamanannya, maka perlu untuk mengeceknya terlebih dahulu.

Badan ini sudah memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk bisa cek BPOM online. 

Cara Cek BPOM 

Izin dari BPOM sangat diperlukan agar teruji kualitasnya sehingga konsumen yang menggunakannya tidak mendapatkan efek buruk. 

Banyak produk yang beredar dan tanpa BPOM terbukti mengandung bahan berbahaya seperti merkuri pada produk kecantikan, makanan dari pewarna tekstil, dsb.

Untuk menghindari hal tersebut, jangan bosan untuk mengecek BPOM yang saat ini sangat mudah dilakukan, yaitu melalui cara-cara Horu berikut:

1. Cek BPOM Melalui Situs

BPOM menyediakan situs resmi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengecek produk dengan cepat dan mudah.

Situs ini dibentuk sebagai wujud kepedulian pemerintah untuk menjaga hak konsumen dari segi kualitas mutu produk. Bagaimana cara cek No BPOM? Begini langkah-langkahnya: 

  1. Buka website cekpom.pom.go.id
  2. Selanjutnya, Anda tinggal memasukkan data produk. Pencarian dapat dilakukan berdasarkan nama produk, merek, nomor registrasi yang tertera dalam kemasan, nama pendaftar, dsb. 
  3. Setelah memasukkan salah satu data ke kolom pencarian, klik tombol Cari. 
  4. Otomatis, muncul informasi dari produk tersebut apakah terdaftdar atau tidak. 

Tanda produk terdaftar yaitu adanya nomor registrasi, nama produk, dan perusahaan yang mendaftarkan muncul di situs tersebut. 

2. Cek BPOM Produk yang Ditarik dari Pasaran

Selain mengecek produk yang tidak diketahui BPOM-nya, sobat Horu bisa mengecek produk yang sudah ditarik dari pasaran karena belum diperiksa atau berdampak buruk bagi konsumen.

Situs yang digunakan untuk mengeceknya dari website resmi BPOM yaitu www.pom.go.id. Berikut langkah-langkah cara cek BPOM untuk produk yang ditarik: 

  1. Buka browser dan kunjungi situs www.pom.go.id. 
  2. Selanjutnya, pilih menu Daftar Produk. 
  3. Pada menu tersebut, pilih Produk Ditarik. 
  4. Selanjutnya, di bagian Produk, pilih kategori pencarian yang Anda inginkan. Mulai dari obat, kosmetik, makanan, dan minuman. 
  5. Di kolom pencarian, masukkan data produk. Bisa berupa nomor registrasi, brand produk, sampai NPWP pendaftar (penjual). 
  6. Selanjutnya, Anda akan melihat produk yang dimaksud. Klik produk tersebut sehingga akan muncul informasinya beserta alasan kenapa produk ditarik dipasaran. 

Jika produk ditarik karena belum diperiksa, hendaknya Anda tidak membeli produk tersebut untuk berhati-hati adanya kandungan yang berbahaya. Sobat Horu dapat memilih produk lainnya yang lebih aman. 

Bisa juga dengan menunggu produk tersebut sampai ada terbitan resmi dari BPOM yang menyatakan apakah produk layak atau tidak. 

Dimana Letak Nomor BPOM 

Untuk mengecek nomor BPOM RI, salah satu data yang dapat dimasukkan adalah nomor BPOM-nya. No BPOM yang mana? Pada umumnya, Anda dapat menemukannya di bagian belakang kemasan produk. 

Terdiri dari dua huruf di awal dan sebelas angka. Jadi, jika nomor berjumlah kurang dari itu, sobat Horu perlu mencurigai keaslian nomor BPOM tersebut. 

Demikian cara cek BPOM berbagai produk yang dapat Anda lakukan dengan mudah.

Mengecek BPOM adalah hal yang penting agar Anda dapat menghindari dampak buruk dari produk-produk ilegal yang tidak lulus jaminan mutu. Semoga bermanfat

Leave a Reply

Your email address will not be published.