Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Dengan Mudah

cara cek saldo bpjs ketenagakerjaan

BPJS ketenagakerjaan biasanya langsung diisi oleh perusahaan sebagai bagian dari pemotongan rutin dari gaji setiap bulan. Sehingga terkadang ada yang belum mengetahui bagaimana cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan yang dibuat oleh perusahaan.

BPJS ketenagakerjaan memang salah satu syarat penting yang dibebankan oleh Pemerintah untuk setiap karyawan. Ketentuan ini wajib dilakukan oleh setiap perusahaan untuk mendaftarkan karyawannya apalagi untuk perusahaan produksi yang penuh resiko.

Maka dari itu terkadang masih ada karyawan yang awam mengenai BPJS ketenagakerjaan dan cara cek saldo atau mencairkannya. Padahal BPJS ketenagakerjaan milik karyawan itu sudah lengkap mulai dari jaminan hari tua sampai jaminan kesehatan dan jaminan kematian.

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Untuk mengecek saldo BPJS ketenagakerjaan sendiri bisa dilakukan dengan berbagai alternatif cara dengan mudah. Agar lebih jelasnya simak tutorial berikut ini beberapa cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan.

1. Cek Saldo Dari Website

Pertama Anda bisa melakukan pengecekan saldo BPJS ketenagakerjaan melalui website atau situs resmi dari BPJS ketenagakerjaan. Caranya Anda cukup mengakses situs sso.bpjsketenagakerjaan.go.id kemudian login menggunakan alamat email dan kata sandi, jika belum punya akun Anda bisa mendaftar terlebih dahulu.

Setelah berhasil masuk ke dalam dashboard situs SSO tersebut Anda pilih menu layanan kemudian cek saldo JHT. Lakukan pada aplikasi dengan memasukkan kode PIN yang dikirim melalui SMS untuk bisa melanjutkan pengecekan.

2. Cek Saldo Dari Aplikasi

Selanjutnya anda juga bisa melakukan pengecekan saldo BPJS melalui aplikasi BPJSTKU, tentunya menggunakan aplikasi bisa lebih mudah dan lebih instan. Caranya anda hanya perlu melakukan login pada aplikasi BPJSTKU menggunakan email dan password.

Atau jika belum memiliki akun Anda bisa mendaftar dan melakukan verifikasi identitas diri. Jika sudah berhasil login dalam dashboard aplikasi selanjutnya Anda pilih jaminan hari tua dan cek saldo yang akan membuat aplikasi menampilkan saldo jht yang anda miliki.

3. Cek Saldo Dari SMS

Cara yang ketiga Anda juga bisa melakukan pengecekan saldo BPJS ketenagakerjaan melalui SMS. Alternatif cara ini bisa anda lakukan apabila anda tidak ingin menginstal aplikasi ataupun mengakses situs website.

Selain itu dengan menggunakan SMS Anda juga tidak perlu melakukan pendaftaran atau registrasi serta verifikasi diri terlebih dahulu. Untuk melakukan pengecekan melalui SMS caranya juga sangat mudah cukup mengirimkan SMS pada nomor resmi BPJS.

Anda kirimkan SMS dengan format Daftar(spasi) SALDO#NO.KTP#TGL.LAHIR(DD-MM-YYYY)#NO.PESERTA.BPJS#EMAIL. Selanjutnya anda kirimkan format SMS tersebut kepada nomor 2757, jika sudah akan ada SMS pendaftaran berhasil dari BPJS ketenagakerjaan dan anda sudah bisa melakukan pengecekan saldo.

Caranya dengan mengirimkan format SALDO(spasi)NO.Peserta dan kirim melalui nomor 2757. Secara otomatis SMS mengenai saldo dan rincian akun BPJS ketenagakerjaan milik anda akan dikirimkan melalui SMS oleh pihak BPJS.

Penutup

Dari ke tiga cara tersebut Anda bisa memilih alternatif mana yang paling sesuai dan bisa anda lakukan dengan mudah. Kebanyakan memang lebih suka menggunakan aplikasi apalagi saat ini penggunaan aplikasi sudah sangat bermanfaat.

Termasuk untuk penggunaan aplikasi BPJS ketenagakerjaan yang bisa digunakan bukan untuk mengecek saldo JHT saja. Tapi Anda juga bisa mendapatkan berbagai fitur lain seperti mendapatkan nomor antrian untuk layanan pelanggan sampai mendapatkan kartu BPJSTKU.

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan dengan mudah menggunakan beberapa alternatif cara. Dengan mengecek saldo BPJS Anda bisa mengetahui berapa saldo JHT yang dimiliki agar bisa dicairkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.