Cara Daftar Beasiswa Bidikmisi

Cara Daftar Beasiswa Bidikmisi

Anda atau anak Anda ingin mengikuti Beasiswa Bidikmisi? Namun, Anda bingung caranya? Berikut pembahasan cara daftar Beasiswa Bidikmisi?

Pendidikan merupakan sesuatu yang amat penting bagi setiap orang untuk belajar dan memaknai hidup sebagai manusia. Sayangnya, tidak semua bisa mendapatkan pendidikan karena adanya keterbatasan dalam ekonomi.

Untuk itulah Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) memberikan Beasiswa Bidikmisi kepada anak yang membutuhkannya. Sebelum membahas cara daftar Beasiswa Bidikmisi, apa itu Beasiswa Bidikmisi?

Beasiswa Bidikmisi adalah bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Republik Indonesia untuk biaya pendidikan bagi lulusan Sekolah Menengah Atas atau sederajat dengan potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan dalam ekonomi.

Syarat Daftar Beasiswa Bidikmisi

Sebelum mendaftar, lebih baik Anda mengetahui apa saja syarat daftar Beasiswa Bidikmisi. Bila Anda memang memenuhi syarat tersebut, maka Anda bisa mendaftar Beasiswa Bidikmisi. Berikut syarat daftar Beasiswa Bidikmisi yang bisa Anda ketahui.

  1. Peserta merupakan siswa SMA atau sederajat yang akan lulus pada tahun 2022.
  2. Selain itu peserta merupakan siswa SMA atau sederajat lulusan pada tahun 2021 dan bukan penerima Bidikmisi, serta tidak bertentangan dengan ketentuan dari Perguruan Tinggi yang didaftarkan.
  3. Peserta berusia maksimal 21 tahun saat melakukan pendaftaran.
  4. Peserta tidak memiliki kemampuan dalam ekonomi dengan ketentuan sebagai berikut.
  • Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM), atau sejenisnya.
  • Pendapatapan kotor gabungan orang tua atau wali (suami istri) maksimal sebesar Rp3 juta per bulan atau bila dibagi dengan anggota keluarga maksimal sebesar Rp750 ribu per bulan.
  1. Pendidikan terakhir orang tua atau wali peserta paling tinggi S-1 atau D-4.
  2. Peserta memiliki potensi akademik baik yang direkomendasi oleh kepala sekolah.
  3. Peserta yang mendaftar Bidikmisi diberi kesempatan memilih salah satu jalur penerimaan Bidikmisi di PTN maupun PTS.

Cara Daftar Bidikmisi

Lalu, bagaimana cara daftar Beasiswa Bidikmisi? Untuk mendaftar Beasiswa Bidikmisi, Anda bisa melakukannya secara online maupun offline (datang langsung ke kampus). Namun, lebih baik Anda mendaftarkannya secara online.

Lebih efesien adalah dengan mendaftar secara online. Salah satu cara daftar Beasiswa Bidikmisi secara online adalah mendaftar Beasiswa Bidikmisi secara mandiri. Lalu, bagaimana cara daftar Beasiswa Bidikmisi secara mandiri?

  1. Buka situs bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id di browser Anda.
  2. Pada halaman utama, pilih fitur Siswa.
  3. Apabila Anda sudah mendapatkan No. Pendaftaran dan Kode Akses Siswa dari pihak sekolah, Anda bisa melakukan login. Namun, bila Anda belum pernah login, maka Anda bisa mendaftarnya. Lalu, bagaimana cara daftarnya? Berikut pembahasannya.
  • Anda bisa meminta rekomendasi dari sekolah.
  • Bila Anda pernah direkomendasikan oleh sekolah pada tahun lalu, maka Anda bisa melakukan pembaruan akun.
  • Bila Anda belum pernah direkomendasikan oleh sekolah, maka Anda bisa mengajukannya dengan menyertakan persyaratan yang sudah ditentukan.
  1. Saat Anda berhasil masuk ke akun Bidikmisi, Anda bisa melengkapi data diri Anda dan dokumen-dokumen lainnya. Pastikan Anda mengisinya dengan benar.
  2. Setelah itu, Anda bisa langsung mengikuti pendaftaran Beasiswa Bidikmisi melalui jalur mandiri atau jalur nasional.

Penutup

Itulah mengenai Beasiswa Bidikmisi hingga cara daftar Beasiswa Bidikmisi yang bisa Anda lakukan. Dengan mengetahui cara daftar Beasiswa Bidikmisi di atas, Anda tak perlu bingung lagi untuk mendaftar Beasiswa Bidikmisi secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published.