Cara Mengatasi Laptop Lemot

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Banyak faktor yang mempengaruhi kinerja laptop. Laptop menjadi lambat karena mungkin Anda menjalankan aplikasi secara bersamaan. Atau mungkin Anda memainkan game yang sangat berat dan membebani RAM atau prosesor Laptop. Untuk itu gunakan laptop sesuai spesifikasi, jangan dipaksakan. Maka pada kesempatan kali ini Horu.my.id akan membahas tentang cara mengatasi laptop lemot. Simak pembahasan lengkapnya berikut, yuk!

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi laptop yang lemot. Nah, dibawah ini merupakan cara mengatasi laptop lemot paling ampuh dan mudah:

Bersihkan Cache

Cara mengatasi laptop lemot yang pertama adalah bersihkan cache. Cache adalah file sampah dari sisa pemrosesan data. Bersihkan secara rutin agar laptop bekerja dengan baik dan lancar. Gunakan aplikasi pembersih sampah untuk Laptop seperti CC Cleaner atau lainnya. Sesuaikan juga dengan spesifikasi OS Windows 32 atau 64 bit Anda. Tentu saja saat membersihkan cache harus berhati-hati, jika dihapus alih-alih memperbaikinya justru akan membuat lebih banyak masalah.

Defragmentasi Hard Disk

Cara kedua untuk mengatasi laptop yang lemot adalah dengan melakukan defragmentasi Hard Disk. Salah satu perangkat laptop yang paling penting dan sensitif adalah hard drive. Jika Hardisk Rusak, Untung Ada Apa? Tanpa hardisk laptop tidak bisa bekerja, semua data termasuk sistem operasi tersimpan di hardisk. Untuk merawat hardisk dengan cara defragment hardisk minimal 3 bulan sekali.

Baca Juga: Cara Menyadap Whatsapp Lewat Google

Fungsi defrag adalah untuk memeriksa kerusakan kecil pada harddisk, seperti bad sector. Bad sector yang sudah parah akan sulit untuk diperbaiki, apalagi jika dicek dengan aplikasi Harddisk Sentinel, kesehatan di bawah 20% harddisk sudah tidak bisa lagi mengolah data.

Hindari Shutdown Paksa

Cara untuk mengatasi laptop yang lemot selanjutnya adalah menghindari shut down paksa. Saat laptop lemot karena membuka banyak aplikasi, bersabarlah sampai laptop merespon. Jangan sering mematikan laptop secara paksa dengan menekan tombol power karena dapat mempengaruhi kesehatan hardisk. Jika hang tetapi Anda benar-benar membutuhkannya dalam waktu yang mendesak, alternatif lain adalah mematikannya secara paksa. Lakukan cara ini jika situasinya mendesak.

Menurut pengalaman Horu, laptop hang, jangan lakukan apa-apa, biarkan saja selama 15 menit. Jika Anda tidak merespons dalam waktu 15 menit dan waktu Anda mendesak, matikan saja. Kalaupun sabar pasti laptop akan merespon, mungkin butuh waktu lama 30-60 menit, tergantung aplikasi dan proses apa yang sedang dijalankan.

Menggunakan Kipas Pendingin

Gunakan kipas pendingin saat Anda menggunakan laptop yang akan membuat laptop lebih awet karena suhu selalu dingin dan stabil sehingga tidak ada hardware yang panas dan terbebani yang akan membuatnya cepat rusak nantinya. Letakkan laptop di tempat yang sirkulasi udaranya lancar, seperti meja, jangan gunakan di atas kain yang meningkatkan suhu laptop.

Menghapus Aplikasi yang Tidak Berguna

Banyak sekali laptop yang memiliki aplikasi yang tidak berguna karena diinstal melalui Adware. Jika Anda tidak pernah berpikir untuk menginstal program tetapi tiba-tiba diinstal di laptop Anda, penjelasan sederhananya adalah cara kerja adware. Dengan menguninstall aplikasi tidak perlu, laptop akan dapat bekerja lebih efisien dan cepat dalam memproses program aplikasi yang sedang Anda jalankan.

Pengaturan Program Startup

Laptop yang lemot saat dihidupkan biasanya disebabkan karena terlalu banyak memuat program saat startup. Pengaturan aplikasi atau program mana yang akan aktif saat laptop boot akan lebih membantu mengoptimalkan kinerja laptop.

Dimana hanya program yang diperlukan saja yang aktif dan matikan program yang tidak sering digunakan agar tidak aktif. Dengan setting StartUp, RAM akan bekerja maksimal dan laptop terasa lebih cepat saat baru dinyalakan. Setiap versi OS mungkin berbeda dalam pengaturan program yang berjalan saat startup, Anda dapat mencari tutorial sesuai dengan OS yang digunakan, seperti Windows XP, Windows 7, 8, 10 atau Linux.

Baca Juga: Cara Ganti Background Zoom di HP dan Laptop

Akhir Kata

Demikian pembahasan lengkap dan menarik dari Horu mengenai Cara mengatasi laptop lemot secara mudah dan paling ampuh. Sekian dan semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.