Cara Menjual Foto di Shutterstock Secara Mudah

cara menjual foto di shutterstock

Mempunyai bakat di bidang fotografi? ingin menghasilkan cuan dari hasil karya foto yang sudah diambil? Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menjual foto di Shutterstock secara mudah.

Shutterstock ini adalah sebuah platform online yang dibuat di tahun 2003 oleh Jon Oringe. Di platform ini kamu bisa menyediakan berbagai stok foto yang bisa diunduh oleh semua orang. Hasil foto tersebut tentunya dibuat oleh kontributor yang akhirnya dibeli oleh Shuttershock.

Nah, ketika kamu mengunduh hasil foto di Shutterstock, kamu akan mendapatkan komisi sesuai dengan kualitas hasil foto yang kamu miliki. Dengan menjual foto di platform seperti ini, kamu bisa mendapatkan uang tambahan.

Lalu bagaimana sih cara menjual foto di Shutterstock?

Cara Jual Foto di Platform Shutterstock

Pembahasan kali ini kita akan membahas tentang cara menjual foto di Shutterstock.

1. Membuka Platform Shutterstock

Pertama-tama sebelum upload foto, kamu bisa membuka aplikasi atau websiter Shutterstock terlebih dahulu. kemudian kamu bisa klik “Upload Content” utnuk menjual hasil foto yang kamu ambil.

Jika kamu sudah memastikan foto yang akan dijual, kamu bisa mengisi tag dan deskripsi yang tersedia untuk menambahkan keterangan tentang foto tersebut. Kamu bisa mengisinya sesuai dengan  hasil fotomu, misalnya memfoto rumah, kamu bisa mendeskripsikan rumah tersebut.

2. Membuat Akun

Sebelum proses penjualan hasil karya foto, kamu diharuskan untuk memiliki akun di Shutetrshock. Android. Dengan pembuatan akun, maka pihak Shutterstock akan percaya bahwa kamu merupakan kontributor tetap yang  menjual berbagai foto, bukan dari akun abal-abal.

Dengan akun yang kamu miliki juga bisa memudahkan dalam pembayaran komisi hasil foto yang telah kamu upload foto di platform tersebut.

3. Melakukan Verifikasi Data

Setelah membuat akun, kamu tidak lupa untuk mengkonfirmasi bahwa data yang telah kamu masukkan itu sesuai dengan data yang asli, misalnya saja data identitas apakah sesuai dengan KTP atau bukan.

4. Review Proses Shutterstock

Setelah kamu sudah mengisi tag dan deskripsi, dan mengisi submit, hasil fotomu tidak bisa langsung terupload di website. Shutterstock bisa meriview hasil fotomu terlebih dahulu, apakah layak untuk dijual atau masih kurang komersil untuk dijual.

Nah, apabila karya fotomu disetujui oleh Shuttershock ini lolos seleksi, maka karyam kana diupload dan bisa dijual.

5. Komisi Hasil Menjual Karya

Setiap foto yang bisa diunggah di website tersebut, maka akan mendapatkan komisi sesuai dengan syarat yang sudah ada di Shutterstock. Jika hasil fotomu bagus, dan unik, maka komisis yang kamu dapatkan juga semakin mahal.

Pembayaran hasil komisi ini bisa dalam bentuk Pay Pal, kemudian Payoneer, dan Skrill. Untuk kamu yang ingin mengatur mode pembayaran, bisa dengan cara klik “Account Setting” yang nantinya mengisi formulir yang tersedia. Jangan lupa untuk mengecek apakah adanya kesalahan dalam pengisian data ataukah tidak.

Pembayaran komisi ini akan dihitung di akhir bulan, dan dikirim sesuai dengan pengaturan yang sudah ada di akun contributor tersebut.

Pembayaran komisi ini akan dibayar dalam bentuk Dollar Amerika, karena metode pembayaran menggunakan Pay pal, maka diharapkan untuk contributor mengisi nomor ATM yang dimiliki.

Itulah penjelasan horu mengenai 5 cara menjual foto di Shutterstock secara mudah. Tunggu apalagi? Kamu bisa menambah cuan dengan mengunggah foto-foto terbaikmu di platform Shutterstock ini. selain menambah cuan, kamu juga bisa menambah portofolio.

Leave a Reply

Your email address will not be published.