Cek Kesehatan Harddisk dengan Mudah, Ini Caranya!

cek kesehatan harddisk

Apakah sehari-hari Anda menggunakan komputer? Sebagai salah satu perangkat keras komputer, harddisk perlu dicek kesehatannya. Jika belum, berikut pembahasan cek kesehatan harddisk yang perlu Anda ketahui.

Harddisk

Sebelum membahas cek kesehatan harddisk, sebaiknya Anda kenali dulu apa itu harddisk? Harddisk atau diska keras adalah perangkat keras komputer yang berguna untuk menyimpan data seperti data sistem, OS, gambar, dokumen, dan aplikasi.

Harddisk menyediakan ruang khusus untuk membaca dan menyimpan data. Perangkat keras ini memiliki sifat non-volatile memory, yaitu data yang tersimpan tidak akan hilang meskipun komputer dimatikan.

Pertama kali, harddisk dikomersilkan pada tahun 1956 oleh International Business Machines Corporation (Perusahaan IBM), perusahaan dari Amerika Serikat yang memperjualbelikan perangkat keras dan perangkat lunak komputer.

Fungsi Harddisk

Sudahkah Anda mengetahui apa saja fungsi harddisk? Berikut beberapa fungsi harddisk yang perlu Anda ketahui.

1. Simpan File dalam Berbagai Format

Fungsi utama dari harddisk adalah menyimpan berbagai file dalam format yang berbeda. Memiliki peran yang sangat penting ini, harddisk pun bisa dikatakan sebagai nyawa dari sebuah komputer atau PC.

2. Sebagai Penyimpan Database

Pasti Anda tahu bahwa harddisk berguna untuk menyimpan database atau basis data. Database merupakan elemen utama dalam sistem komputer.

Database yang tersimpan di harddisk akan menjadi pusat akses data untuk client atau user lain. Tak heran, hal tersebut menjadi alasan dari database yang hanya disimpan di hardisk sebuah komputer yang memang dijadikan sebagai server.

3. Simpan Data untuk Aplikasi dan Software

Anda sering men-download aplikasi dan software pendukung? Lalu, ke mana aplikasi dan software tersebut setelah di-download? Aplikasi dan software yang sudah di-download akan tersimpan di harddisk.

Namun, sebelum melakukan download pada aplikasi dan software, sebaiknya Anda perhatikan terlebih dahulu kapasitas harddisk yang dimiliki cukup besar atau tidak untuk menampung aplikasi dan software tersebut.

Selain itu, besaran atau kuantitas pada aplikasi dan software yang di-download juga perlu diperhatikan.

4. Sarana Backup

Banyak pengguna komputer atau PC yang memanfaatkan harddisk sebagai sarana backup penyimpanan data. Hal ini karena Anda bisa melakukan duplikasi dokumen dan data-data penting lainnya di berbagai tempat termasuk harddisk.

Tentunya, ini penting guna mencegah kehilangan data penting terutama bagi Anda yang bekerja menggunakan komputer atau PC.

5. Simpan Data dari Operasi Sistem

Sama halnya dengan operasi sistem lainnya, Windows sebagai operasi sistem yang sering digunakan di berbagai komputer dan PC juga memerlukan space yang cukup besar untuk menaruh data dan file yang terpasang.

Untuk itulah, Windows dan beberapa operasi sistem lainnya membutuhkan harddisk sebagai penyimpanan database mereka.

Cek Kesehatan Harddisk

Namun, tahukah Anda harddisk yang digunakan harus dicek kesehatannya? Kenapa perlu cek kesehatan harddisk? Hal ini karena harddisk memiliki masa pakai yang berbeda-beda tergantung kualitas harddisk, pemaikannya, dan lain-lain sehingga Anda perlu cek kesehatan harddisk.

Untuk mengecek kesehatan harddisk, bukanlah dengan membongkar dan mengeluarkan harddisk dari komputer. Melainkan dengan membaca data melalui penyampaian dari sistem. Berikut cara cek kesehatan harddiskmelalui Windows CHKDSK yang bisa Anda lakukan.

  1. Buka File Manager di komputer atau PC Anda.
  2. Setelah itu, pilih harddisk yang ingin Anda cek.
  3. Klik kanan pada harddisk tersebut dan pilih Properties.
  4. Kemudian, pilih menu Tools.
  5. Lalu, pada Error Checking, pilih tombol Check.
  6. Tunggu hingga selesai. Bila harddisk Anda aman, biasanya akan muncul pesan yang memberitahukan bahwa Anda tak perlu melakukan pengecekan kesehatan harddisk tersebut.

Penutup

Itulah penjelasan dari horu mengenai harddisk hingga cek kesehatan harddiskyang bisa Anda lakukan. Dengan pembahasan cek kesehatan harddiskdi atas, Anda tidak perlu khawatir harddisk tidak sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.